Apa itu Kebun Teh Wonosari??

Kebun Teh Wonosari berawal ketika Belanda menjajah Indonesia dan N. V. Culture Maskapai Singosari membuka lahan tersebut pada tahun 1875 dibawah pemimpin Karel Rudolf Boska. Pada tahun 1910, teh pertama kali ditanam. Dan pada tahun 1912, pabrik teh didirikan. Pada tahun 1942, Jepang mengambil alih kebun tersebut. Lalu, mulai 1945 sampai sekarang, Indonesia mengambil alih kebun teh tersebut. Itu adalah sejarah Kebun Teh Wonosari yang terletak di Dusun Wonosari, Desa Toyomarto,Kec. Singosari, Kab. Malang.

Ketinggian kebun teh di sana ada pada ketinggian 950 – 1250 mdpl pada lereng Gunung Arjuna. Syarat menanam teh adalah menanamnya ada pada ketinggian min. 800 mdpl, dan menggunakan tanah lotosol & andosol. Tanah tersebut terdapat dari letusan gunung merapi. Juga harus ada pada suhu 19 – 30˚ C dan curah hujannya minimal 2500 ml/tahun. Luas kebun teh di sana mencapai 700 hektar dan memiliki 300 pemetik teh. Para pemetik teh berkelompok yang isinya 25 orang, dan berpindah tempat setiap memetik teh. Biasanya, setiap 7 hari mereka akan kembali ke tempat pemetikan yang pertama. Ada tanaman teh yang ada sejak 1910. Mereka memangkas teh setiap 4 tahun sekali.


Mereka menanam Teh Cina (Camellia sinensis) dan Teh India (Camellia asamika). Teh Cina ciri-cirinya adalah daunnya terlihat lebih kecil, warna daunnya hijau terang, dan rasanya lebih pekat. Teh India ciri-cirinya adalah daunnya terlihat lebih besar, warna daunnya hijau gelap, dan rasanya kurang pekat. Daun teh yang belum mekar disebut sebagai pucuk peko. Daun yang bagus untuk dibuat menjadi teh adalah pucuk dan 3 daun muda yang berada di dekat pucuk. Mengapa demikian? Karena mengandung Katekin, Vit. C, dan Polifenol yang baik untuk tubuh. Produk mereka antara lain adalah Teh Hitam, Teh Hijau, dan Teh Putih. Teh hitam didapat dari campuran daun teh cina dan teh india. Teh hijau didapat dari daun teh cina. Teh putih didapat dari pucuk teh cina. Ciri-cirinya adalah ada serbuk putih di pucuk daun teh cina.
Manfaat teh antara lain; menghilangkan stress; melancarkan peredaran darah; anti kanker, diabetes, kolestrol, tekanan darah tinggi. Teh hijau dan teh putih mempunyai manfaat yang lain. Teh hijau biasanya digunakan untuk diet, teh putih baik untuk tulang, gigi, dan anti-aging. Jika mau mendapat manfaat teh tersebut, minum teh HARUS TANPA GULA.


Tahap-tahap yang mereka lakukan untuk membuat teh adalah, para pemetik teh akan memetik teh dan mengirim hasil mereka ke pabrik. Di pabrik, daun teh tersebut akan dilayukan dengan mesin tersendiri selama 90 menit. Lalu, akan melalui tahap oksidasi, lalu tahap pengeringan dan akhirnya pengemasan.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi & Eksposisi ~ Dodol