Batik, Karya Seni Khas Indonesia

Sejarah Batik

Batik dibawa oleh kerajaan Majapahit yang berada di Jawa Timur. Pada masa itu, banyak mulai muncul pembatik khususnya pada kalangan kerajaan. Lalu, di Mataram mulai ada pembatik namun tidak hanya pada kalangan kerajaan, namun sudah merakyat.

Motif Batik yang berada di luar Jawa

Batik memiliki beragam motif. Sebagian besar batik berpusat di Jawa dan motifnya pun banyak yang berada di Jawa. Namun, ada motif batik yang berada di luar Jawa. Motif tersebut antara lain;

1. Batik Aceh

2. Batik Bengkulu

3. Batik Lampung

4. Batik Betawi

Motif Batik yang Berada di Jawa

Batik memang berasal dari Jawa. Motifnya pun banyak yang berada di Jawa.

1. Batik Pekalongan

2. Batik Cirebon

3. Batik Solo

4. Batik Jogja

5. Batik Madura

Sejarah Rumah Batik

Rumah Batik Jawa Timur ini diprakarsai oleh Faiqah Ismail, perajin batik yang berasal dari Madura. Terdapat di Jl. Tambak Dukuh I No. 4 RT. 01/RW. 09 Kelurahan Kaparsari, Kecamatan Genteng, Surabaya. Beliau membuka usahanya di rumahnya pada tahun 2004. Ada sekitar 2000 lembar batik yang terpajang disini. Batik-batik tersebut tercetak dalam beberapa jenis, antara lain; kain, baju, dan lain-lain.

Beberapa foto yang saya ambil di Rumah Batik:

Batik Warisan UNESCO

Batik adalah seni yang indah yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, batik dikagumi oleh banyak orang. Pada Tahun 2009, UNESCO membuat batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia pada 2 November 2009. Pernah juga Malaysia mencuri dan mengakui bahwa batik adalah seni mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi & Eksposisi ~ Dodol

Apa itu Kebun Teh Wonosari??