Matematika, Pelajaran yang Dicintai Semua Orang

Arti Matematika


Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Matematika menggunakan rumus untuk memecahkan masalah. Matematikawan Benjamin Peirce menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan penting." Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Menurut Yansen Marpaung, matematika adalah ilmu yang dalam perkembangannya  penggunaannya menganut metode deduksi. Secara etimologi, matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathemata  yang berarti "belajar dipelarari". Menurutku, matematika adalah suatu pelajaran yang berhubungan dengan angka dan digunakan di kehidupan sehari-hari.

Tujuan Belajar Matematika

Tujuan kita belajar matematika adalah untuk:

1. Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan.
2. Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi.
3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
4. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi.

Aplikasi Ilmu Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Matematika digunakan setiap hari mulai pagi hari sampai malam hari. Contohnya adalah jika mau berdagang. Kita harus menghitung bahan yang akan dijual. Pastinya kita mau untung, oleh karena itu, kita harus menghitung keuntungannya. Sebagai siswa, manfaat matematika adalah agar nilai ulangan matematika tidak jelek. Dan untuk ibu rumah tangga, matematika bermanfaat untuk menghitung banyak kebutuhan yang dibutuhkan keluarga.

Isaac Newton, sang Matematikawan

Potret Pria hitam dengan sebahu, rambut cokelat bergelombang, hidung besar dan tajam, dan tatapan terganggu

Isaac Newton adalah salah satu orang yang berjasa dalam bidang matematika. Beliau menemukan kalkulus infinitesimal, yaitu cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Dia juga menemukan gaya gravitasi universal, dan optika, yaitu perilaku dan sifat cahaya dengan materi. Dia lahir di Lincolnshire, 4 Januari 1643. Dan meninggal pada 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun.

Fun Facts

1. Rumus Pi (3,14) akan menjadi PIE jika tulisannya dibalik.
2. Nol (0) adalah angka keramat. Awalnya angka nol ini ditemukan oleh Al-Khawarizmi, yang juga penemu aljabar dalam matematika. Angka nol merupakan angka yang tidak bisa ditulis dalam angka romawi, dan satu-satunya angka yang punya banyak nama; seperti nil, naught, zip, dan zilch.
3. Angka terpanjang di dunia adalah googolplex.



Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi & Eksposisi ~ Dodol

Apa itu Kebun Teh Wonosari??